Olimpiade Robot ke-10

Olimpiade Robot Internasional (International Robotic Olympiad/IRO) sudah memasuki perhelatan ke-10. Kali ini yang berkesempatan menjadi tuan adalah Malaysia yang digelar di kampus International Islamic University Malaysia (IIUM), Kuala Lumpur.

Lebih dari 750 orang peserta yang berasal dari 8 negara akan turut serta dalam ajang dilangsungkan sejak tanggal 18-21 Desember 2008. Mereka lain China, Korea Selatan, Singapura, Thailand, Brunei, Philipina, Malaysia dan tak ketinggalan Indonesia.

Bagi Indonesia, keikutsertaan pada even internasional ini adalah yang pertama kali sejak diadakan pada tahun 1999. Pada Olimpiade Robot International tahun ini Indonesia mengirimkan 45 orang peserta yang berusia 7 tahun hingga 17 tahun.

Tim yang ikut mewakili Indonesia yaitu berasal dari SMPK dan SMAK BPK Penabur Jakarta, SMA 28 Jakarta, SD Victory Plus Bekasi, SMPK dan SMAK TriMulya Bandung dan SD, SMP, SMA Muhammadiyah Sidoarjo Jawa Timur.

Adapun lomba-lomba yang diikuti oleh tim Indonesia adalah Non-Programmed Line Tracing, Rolling Ball Maze Solving, Cart Rolling Ball Maze Solving, Robot Prison Break, Legged Robot Race, Carrier Machine, Creative Robot, Robot Dancing dan Open Robot Project.

Dimana untuk setiap lomba, para peserta diberikan waktu sekitar 3 jam untuk membuat robot dan membuat program untuk menjalankan robot, setelah itu robot yang telah dibuat dilombakan dengan robot dari peserta lainnya.

Beberapa jenis lomba juga mengharuskan peserta mengikuti tes tertulis dalam pelajaran matematika, fisika dan pemograman komputer dalam bahasa Inggris. Selain itu juga ada presentasi dan tanya jawab dengan juri.

Dalam keterangan tertulis yang diterima detikINET, Sabtu (20/12/2008), International Robot Olympiad adalah suatu kegiatan pendidikan ilmu pengetahun dan teknologi yang setara dengan olimpiade fisika, kimia dan lain-lain yang sudah lama diadakan.

Tujuan dari olimpiade robot ini adalah untuk mengembangkan wawasan dan kreatifitas para generasi muda khususnya anak-anak dan remaja dalam mendesain dan membuat robot.

Tim Indonesia yang berangkat mengikuti olimpiade Robot Internasional ini dikoordinir oleh ROCI (Robotic Organizing Committee Indonesia) dan keberangkatannya ke Malaysia telah dilepas oleh Dirjen Aplikasi dan Telematika Depkominfo Cahyana Ahmadjajadi.

Penasaran ingin melihat bagaimana perkembangan tim Indonesia dalam olimpiade robot internasional ini? Sambangi saja website IRO yang beralamat di
www.iro2008.org.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar