PRAKTIKUM TEKNIK KENDALI 1

Modul 1
Operational Amplifier

TUJUAN
• Mempelajari penggunaan operational amplifier
• Mempelajari rangkaian-rangkaian standar operational amplifier
• Dapat merangkai rangkaian‐rangkaian standar operational amplifier


Percobaan 1 Rangkaian Penguat Non Inverter
Percobaan 2 Rangkaian Penguat sebagai Pembalik (Inverter)
Percobaan 3 Rangkaian Penguat sebagai Pembanding ( Komparator )

Dasar Teori
Operational Amplifier, sering disingkat dengan sebutan Op Amp, merupakan komponen yang penting dan banyak digunakan dalam rangkaian elektronik berdaya rendah (low power). Istilah operational merujuk pada kegunaan op amp pada rangkaian elektronik yang memberikan operasi aritmetik pada tegangan inpt (atau arus input) yang diberikan pada rangkaian.
Op amp digambarkan secara skematik seperti pada gambar di bawah ini

Gambar di atas menunjukkan dua input, output, dan koneksi catu daya pada op amp. Simbol ”-” menunjukkan inverting input dan ”+” menunjukkan noninverting input. Koneksi ke catu daya pada op amp tidak selalu digambarkan dalam diagram, namun harus dimasukkan pada rangkaian yang sebenarnya.

Jenis – jenis rangkaian Op-AM
Berikut ini merupakan beberapa rangkaian standar op amp. Untuk penurunan persamaannya dapat merujuk ke buku teks kuliah. Jika ingin mendesain rangkaian sederhana, pilihlah resistor dalam range sekitar 1k Ohm sampai 200k Ohm. Beberapa rangkaian standar OP-Dapat dilihat pada gambar dibawah ini.


MODUL 2
CONVERTER

TUJUAN
1. Mahasiswa dapat mengetahui proses perubahan dari sinyal analog ke digital, maupun sebaliknya.
2. Mahasiswa dapat mempelajari bentuk Converter dalam bentuk Hardware.
3. Mahasiswa dapat mendesain suatu rangkaian standar converter.

Percobaan 1 Percobaan ADC ( Analog Digital Converter )
Percobaan 2 Percobaan DAC ( Digital Analog Converter )

TEORI
Analog-to-Digital Converter (ADC0804)

Analog to Digital Converter (ADC) adalah sebuah piranti yang dirancang untuk mengubah sinyal-sinyal analog menjadi bentuk sinyal digital. IC ADC 0804 dianggap dapat memenuhi kebutuhan dari rangkaian yang akan dibuat. IC jenis ini bekerja secara cermat dengan menambahkan sedikit komponen sesuai dengan spesifikasi yang harus diberikan dan dapat mengkonversikan secara cepat suatu masukan tegangan. Hal-hal yang juga perlu diperhatikan dalam penggunaan ADC ini adalah tegangan maksimum yang dapat dikonversikan oleh ADC dari rangkaian pengkondisi sinyal, resolusi, pewaktu eksternal ADC, tipe keluaran, ketepatan dan waktu konversinya. Ada banyak cara yang dapat digunakan untuk mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital yang nilainya proposional. Jenis ADC yang biasa digunakan dalam perancangan adalah jenis Successive Approximation Convertion (SAR) atau pendekatan bertingkat yang memiliki waktu konversi jauh lebih singkat dan tidak tergantung pada nilai masukan analognya atau sinyal yang akan diubah.
Digital-to-Analog Converter (DAC0808)
Sebuah rangkaian Binary-weighted DAC dapat disusun dari beberapa Resistor dan Operational Amplifier seperti gambar 9.1. Resistor 20 kΩ menjumlahkan arus yang dihasilkan dari penutupan switch-switch D0 sampai D3. Resistor-resistor ini diberi skala nilai sedemikian rupa sehingga memenuhi bobot biner (binary-weighted) dari arus yang selanjutnya akan dijumlahkan oleh resistor 20 kΩ. Dengan menutup D0 menyebabkan arus 50 μA mengalir melalui resistor 20 kΩ, menghasilkan tegangan 1 V pada Vout. Penutupan masing-masing switch menyebabkan penggandaan nilai arus yang dihasilkan dari switch sebelumnya.


Modul 3
Parallel Port & Interfacing
TUJUAN
• Mengetahui pengalamatan parallel port dengan pemrograman Visual Basic 6.0
• Mengetahui teknik pengiriman dan penerimaan data melalui parallel port dengan pemrograman Visual Basic 6.0
• Mampu membuat rangkaian sederhana yang dapat dioperasikan menggunakan PC dengan interfacing parallel port

Percobaan 1 Pengenalan Parallel Port dengan Visual Basic
Percobaan 2 Interfacing Parallel Port

Dasar Teori
Parallel port atau lebih dikenal dengan port printer adalah satu terminal yang menjadi perantara dalam pemindahan data dari atau ke peranti lain oleh CPU melalui satu set instruksi atau perintah. Port merupakan jalan yang menghubungkan komputer dengan sekelilingnya.
Berdasarkan jenisnya port terbagi atau dua yaitu, serial port dan parallel port. Parallel port terbagi atas dua jenis yaitu famel dan male. Port – port ini terdiri dari beberapa pin dengan fungsi dan jumlah yang bervariasi. Parallel port jenis female biasanya menempel pada motherboard komputer, sedangkan parallel port jenis male terletak pada alat terkendali.
DB25 ialah konektor yang umum digunakan di komputer sebagai parallel port. Selain DB25 terdapat juga parallel port tipe centronics. Parallel port tipe centronic seperti yang terdapat pada printer.

Visual Basic
Visual Basic adalah salah satu development tools untuk membangun aplikasi dalam bidang windows. Visual basic merupakan bahasa pemrograman tinkat tinggi yang adalah pengembangan dari bahasa BASIC versi DOS. Dalam pengembangan aplikasi, visual basic menggunakan pendekatan visual untuk merancang user interface dalam bentuk form, sedangkan untuk coding menggunakan bahasa basic yang cenderung mudah untuk dipelajari.
Pada pemrograman visual, pengembangan aplikasi dimulai dengan pembentukan user interface dengan mengatur form sesuai dengan yang diinginkan, kemudian mengatur properti dari objek – objek yang digunakan pada user interface. Setelah tampilan form sudah sesuai dengan yang diinginkan dan properti suda diatur, saatnya melakukan penulisan kode program untuk menangani kejadian – kejadian (event).
Sebelum kita melangkah lebih jauh, kita harus melihat beberpa keterbatasan dalam VB. Karena VB tidak dapat mengakses hardware secara langsung dalam sistem operasi Windows, maka semua permintaan pengaksesan hardware harus melalui windows. Mungkin kita dapat menggunakan windows API untuk melakukan ini, tetapi susah untuk menemukan fungsi yang disediakan oleh windows API untuk melaksanakan tugas tersebut. Oleh karena itu maka dibutuhkan sebuah program eksternal untuk melakukan pengaksesan hardware secara langsung yang biasa disebut DLL (Dynamic Link Library).

2 komentar:

  1. Anonim2/15/2009

    Good Jobs..
    mungkin eso2 tambah depe kendali cerdas..
    kalu kita lia sih ini berat ke ELKA..
    kan ada nci Feisy, nci pe TA tentang Algoritma Genetika heheh...

    BalasHapus
  2. iya gan...ini ELKA

    BalasHapus